Kompas.com - 17/06/2014, 14:55 WIB
EditorErvan Hardoko
BAGHDAD, KOMPAS.com — Setelah terlibat pertempuran selama dua hari dengan pasukan Pemerintah Irak, para pejuang negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Selasa (17/6/2014), akhirnya bisa menguasai kota Tal Afar yang terletak di sebelah utara ibu kota Baghdad.

Dengan jatuhnya Tal Afar, berarti ISIS sudah menduduki tiga kota penting di wilayah utara Irak dalam jangka waktu hanya satu pekan. Sebelumnya, kota Mosul dan Tikrit juga jatuh ke tangan ISIS.

Jatuhnya Tal Afar, kota dengan penduduk campuran antara pemeluk Syiah dan Sunni itu, menjadi pukulan telak bagi Pemerintah Irak yang berusaha untuk mengendalikan kembali wilayah utara dan tengah negeri itu.

Pemerintah Irak kemudian mengirim paramiliter Syiah dan para sukarelawan ke kota yang berjarak hanya sekitar 96 kilometer dari Baghdad itu untuk memperlambat gerak maju ISIS.

Tampaknya, upaya Pemerintah Irak untuk menghambat ISIS membuahkan hasil sehingga kelompok itu tampaknya tak mungkin mengulangi perang kilat saat mereka merebut Mosul dan Tikrit.

Sementara itu, nasib sekitar 2.000 personel militer Irak yang ditangkap ISIS di Tikrit belum jelas. ISIS mengklaim telah membunuh 1.700 tentara Irak, tetapi berbagai foto dan video menampilkan hanya sekitar 50-an orang tentara yang dieksekusi ISIS.

Akibat serangan ISIS ini, diperkirakan lebih dari 700.000 penduduk melarikan diri ke kota-kota Kurdi di sebelah utara.

Sementara itu, warga yang bertahan di Mosul atau Tikrit melarang para perempuan untuk meninggalkan rumah di beberapa wilayah, dan pajak dikenakan untuk warga minoritas kota itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.