Kompas.com - 02/01/2014, 05:33 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

SYDNEY, KOMPAS.com — Otoritas maritim Australia, AMSA, mengatakan, upaya penyelamatan kapal penumpang Rusia yang terjebak di Antartika akan segera dilakukan begitu cuaca membaik.

Kapal The Akademik Shokalskiy, membawa 74 penumpang, terjebak laut yang membeku pada 24 Desember 2013. Lokasinya berada di 100 mil laut di sebelah timur batas Perancis di Dumont d'Urville.

Upaya penyelematan memakai kapal pemecah es telah gagal, Selasa (31/12/2013). Upaya lanjutan pada Rabu (1/1/2014) dibatalkan karena cuaca buruk.

"Akademik Shokalskiy telah mengabarkan kepada RCC Australia (pusat koordinasi penyelamatan) bahwa kondisi cuaca telah membaik dan operasi penyelamatan bisa segera dimulai," kata AMSA.

Pengumuman ini akan menjadi kabar gembira bagi penumpang yang terdiri dari para ilmuwan, wartawan, dan wisatawan.

Meski tak ada ancaman langsung yang membahayakan nyawa penumpang, kapal ini sudah terjebak di tengah badai salju yang membekukan lautan selama Natal dan Tahun Baru.

Otoritas Australia yang mengoordinasi upaya penyelamatan berencana menggunakan helikopter di atas kapal berbendera China, Xue Long, untuk mengevakuasi para penumpang kapal. Evakuasi tidak akan menyertakan 22 awak kapal.

Rencananya, para penumpang akan dipindahkan ke tongkang Xue Long, untuk kemudian berlayar ke Aurora yang masuk wilayah Australia.

Kapal ini terjebak lautan yang membeku dalam perjalanan menyusuri jejak ekspedisi tokoh Australia, Sir Douglas Mawson, pada 1911-1914.

Sekelompok ilmuwan penumpang kapal itu melakukan beberapa percobaan yang pernah dilakukan tim Mawson. Percobaan itu antara lain berupa upaya menemukan cara efektif mencairkan lautan yang membeku dengan cepat di Antartika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.