Kompas.com - 29/10/2013, 16:19 WIB
EditorErvan Hardoko

LONDON, KOMPAS.com — Badai besar baru saja menghantam beberapa wilayah di Eropa bagian utara. Sedikitnya, tercatat 13 orang tewas di beberapa negara, seperti Inggris, Jerman, dan Perancis.

Dalam perjalanan sejarah, badai dan cuaca buruk ternyata kerap memberi kontribusi dalam membentuk dunia hingga berwujud seperti sekarang ini, seperti yang diungkapkan sejarawan  Inggris, Dan Snow.

Di antara cuaca buruk yang membawa dampak signifikan dalam sejarah manusia adalah hujan es pada Juli 1788 yang berlangsung selama tiga hari di Perancis.

Butuh waktu berhari-hari bagi balok hujan es yang berukuran cukup besar ini untuk mencair. Hal ini kemudian mengakibatkan gagal panen di sejumlah wilayah Perancis. Akibatnya, harga roti yang sudah tinggi semakin melambung.

Terus melambungnya harga roti itu memicu kemarahan rakyat. Rakyat kemudian melampiaskan kemarahan mereka kepada Raja Louis XVI dan setahun kemudian terjadilah Revolusi Perancis yang membentuk dunia modern saat ini.

Diselamatkan badai

Badai yang baru saja berlalu memang berdampak buruk bagi Inggris. Namun, Inggris juga telah beberapa kali diselamatkan dari upaya pendudukan karena cuaca buruk yang melumpuhkan musuh sehingga kemudian muncul ungkapan "God is an Englishman".

Salah satu upaya pendudukan ini ialah pada tahun 1744 ketika seorang jenderal Perancis, Maurice de Saxe, berencana menempatkan Pangeran Charles Edward Stuart atau yang lebih dikenal sebagai Bonnie Prince Charlie di Inggris sebagai boneka Perancis.

Namun, pada bulan Februari 1744, ketika mereka sedang berlayar dari Perancis, di Selat Inggris, armada kapal angkatan laut dan angkutan transportasi Perancis tenggelam diamuk badai ganas.

Akibat bencana itu, Perancis melupakan rencananya untuk menguasai Inggris yang kemudian terus memperluas wilayah koloninya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.