Kompas.com - 18/10/2013, 22:05 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia, Jumat (18/10/2013), mengecam keputusan Arab Saudi yang menolak keanggotan di Dewan Keamanan PBB. Rusia menganggap alasan Saudi yang menganggap DK PBB gagal menangani isu Suriah adalah sebuah argumen aneh.

"Kami sangat terkejut dengan keputusan Arab Saudi yang menolak kursi DK PBB," demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Rusia.

"Dalam hal ini, Arab Saudi mengeluarkan diri mereka sendiri dari kerja kolektif DK PBB untuk mendukung keamanan dan perdamaian internasional," lanjut Kemenlu Rusia.

Rusia menambahkan, argumen Saudi yang mengkritik kegagalan DK PBB dalam hal isu Suriah dianggap sangat aneh.

Apalagi, lanjut Rusia, akhir September lalu DK PBB mengeluarkan resolusi terkait pemusnahan senjata kimia Suriah.

Hubungan Rusia dan Arab Saudi yang secara tradisional tidak pernah erat, semakin buruk setelah Saudi mendukung pemberontak Suriah sementara Rusia mendukung rezim Bashar al-Assad.

Para diplomat Timur Tengah mengatakan Presiden Vladimir Putin menolak tawaran Kepala Intelijen Arab Saudi Pangeran Bandar bin Sultan terkait isu Suriah.

Pangeran Bandar menawarkan pembelian senjata dari Rusia sebesar 15 miliar dolar AS asalkan Moskwa menarik dukungannya untuk Assad. Putin menolak tawaran itu.

Putin dan Pangeran Bandar bertemu di Moskwa pada 31 Juli lalu, namun Kremlin membantah keduanya mendiskusikan kerja sama militer atau perjanjian lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.