Kompas.com - 25/09/2013, 16:21 WIB
EditorErvan Hardoko
LOS ANGELES, KOMPAS.com — Pria di balik film The Innocence of Muslims yang menggegerkan dunia Islam dan memicu sejumlah aksi kekerasan akan dibebaskan dari penjara federal AS pada Kamis (26/9/2013).

Saat ini Nakoula Basseley Nakoula (56) menjalani masa tahanannya di California selatan. Demikian juru bicara Departemen Lapas Federal Ed Ross.

Nakoula menjalani masa tahanannya selama satu tahun karena dia menggunakan nama palsu untuk menipu sebuah bank.

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Fox awal tahun ini, Nakoula tidak menyesal memproduksi film yang dituding sebagai anti-Islam itu.

Dia justru mengatakan film buatannya itu tidak dimaksudkan untuk menghina Islam, tetapi untuk memerangi terorisme.

"Saya punya banyak teman Muslim dan tak semua Muslim setuju dengan budaya terorisme, tetapi sebagian memercayai budaya ini," kata Nakoula.

"Itulah sebabnya saya harus melawan budaya seperti itu, bukan melawan Islam. Musuh saya adalah kebudayaan teror," lanjut dia.

Namun, oleh umat Islam di seluruh dunia, film karya Nakoula ini dianggap menghina Islam dan Nabi Muhammad. Akibatnya, serangkaian kekerasan terjadi di Timur Tengah dan berbagai kawasan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.