Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produser "Innocence of Muslims" Disidang Pekan Depan

Kompas.com - 07/10/2012, 23:25 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Mark Basseley Youssef (55) alias Nakoula Basseley Nakoula, produser film Innocence of Muslims yang memicu unjuk rasa di dunia Muslim, akan diadili di Los Angeles pada pekan depan.

Pria California, AS, ini akan diadili untuk perkara pelanggaran atas masa percobaan hukuman penipuan bank pada 2010. Demikian dokumen pengadilan.

Saat mendapatkan pembebasan bersyarat pada 2011 lalu, salah satu syarat yang tak boleh dilanggar adalah menggunakan nama samaran tanpa izin pengawas masa percobaan.

Pria kelahiran Mesir itu kemudian diduga memproduseri video berdurasi 13 menit, yang beredar di internet dengan berbagai judul, termasuk Innocence of Muslims, yang memicu aksi anti-Amerika di Mesir dan negara Muslim lain, bulan lalu.

Polisi menangkap Youssef pada 27 September dan membawanya ke pengadilan federal untuk disidang di bawah pengamanan ketat. Jaksa menuduh ia melanggar aturan masa percobaannya.

Hakim kemudian memerintahkan agar ia ditahan tanpa jaminan dan memastikannya dibawa ke penjara berkeamanan tinggi di pusat kota Los Angeles.

Jika dalam sidang nanti Nakoula terbukti bersalah, maka dia bisa mendekam di penjara paling lama 24 bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com