Kompas.com - 17/08/2013, 06:23 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
CARACAS, KOMPAS.com - Presiden Venezuela Nicolas Maduro memanggil pulang duta besarnya untuk Kairo, Jumat (16/8/2013). Maduro pun menyerukan pemulihan kembali kekuasaan Presiden terguling Mesir Muhammad Mursi.

Selain itu, Maduro juga mendesak pemulihan ketertiban konstitusional di Mesir. Dia menuduh Amerika dan Israel berada di balik kejatuhan Mursi pada 3 Juli 2013. Menurut dia, kedua negara itu pun ikut terlibat dalam beragam konflik politik di berbagai negara, termasuk Suriah.

Pada hari yang sama, Uruguay mengutuk pula kekerasan di Mesir. Negara ini menyerukan pihak yang bertikai di Mesir untuk menyelesaikan perbedaan pendapat mereka melalui dialog dan mediasi.

Setelah "pembantaian" pada Rabu (14/8/2013) menelan korban setidaknya 638 orang tewas dan 4.000-an orang terluka, polisi Mesir kembali menembaki para demonstran pendukung Mursi pada Jumat (16/8/2013). Data terakhir menyebutkan tak kurang dari 70 orang tewas tertembak peluru tajam pada demonstrasi Jumat.

Mursi terpilih dalam pemilu demokratis pada Juli 2012, menggantikan rezim otoriter Husni Mubarak. Mayoritas pendukung Mursi adalah mereka yang menggelar aksi duduk berhari-hari, yang kemudian dikenal sebagai Revolusi 2011 Mesir, yang mengawali kejatuhan Mubarak.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.