Kompas.com - 12/08/2013, 08:50 WIB
|
EditorEgidius Patnistik
CANBERRA, KOMPAS.COM — Perdana Menteri Australia Kevin Rudd dituduh berbuat "curang" membaca catatan ketika berbicara dalam debat pemilu dengan pemimpin oposisi Tony Abbott, Minggu (11/8/2013) malam. Namun, menurut seorang juru bicaranya, Kevin Rudd tidak bermaksud melanggar aturan debat.

Dalam aturan menjelang debat, Partai Buruh dan Liberal sudah menyetujui bahwa catatan tidak boleh digunakan selama debat satu jam tersebut. Menurut laporan media, Rudd tidak membawa catatan apa pun ketika berjabat tangan dengan Abbott sebelum perdebatan dimulai. Namun, di podiumnya terdapat folder berisi kertas.

Setelah debat berakhir, Rudd menyerahkan folder tersebut kepada putrinya, Jessica. Ketika dimintai komentar atas masalah ini, hari Senin pagi di Melbourne, Tony Abbott mengatakan "aneh" bahwa PM Rudd membawa catatan padahal sudah disarankan untuk tidak melakukannya. "Menarik memang bahwa Rudd hadir dengan sejumlah kertas dan dia tampak membaca catatan, di awal dan penutupan debat," kata Abbott kepada radio Gold 104 FM.

"Memang rasanya sedikit aneh karena aturannya mengatakan tidak. Namun, dia masih membawa catatan," tambah Abbott. Meski demikian, ia melanjutkan bahwa yang lebih penting adalah mereka bisa berbicara langsung kepada rakyat Australia mengenai rencana mereka terhadap masa depan negeri ini.

Setelah debat, juru bicara PM Rudd mengatakan bahwa Rudd tidak memiliki niat sama sekali untuk melanggar aturan debat. "PM hadir di podium di hadapan seluruh peserta. Tidak ada yang protes sama sekali. Kami kira aturannya adalah tidak boleh menggunakan alat bantu lain." 

Menurut laporan koresponden Kompas.com di Australia, L Sastra Wijaya, debat pada Minggu malam itu merupakan yang pertama. Namun masih belum ada kejelasan apakah bakal ada debat lainnya menjelang pemilu 7 September.

PM Rudd mendesak agar debat diadakan setiap minggu, yang akan dipandu oleh tiap-tiap jaringan televisi besar di Australia. Sementara itu, Abbott menghendaki adanya dua forum komunitas, satu di Sydney dan yang lainnya di Brisbane.

Mengenai siapa yang "menang" dalam debat, televisi Channel 9 mengatakan bahwa Rudd menang 59-41, sementara Channel 7 mengatakan Abbott menang 60-32.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.