Kompas.com - 15/07/2013, 19:20 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Mentok tanpa kesepakatan pada putaran ketiga, Senin (15/7/2013), pembicaraan soal Kaesong oleh dua Korea berlanjut pada Rabu (17/7/2013) untuk putaran keempat. Pembicaraan bakal dihelat di kompleks industri tersebut.

Menurut warta Yonhap, pembicaraan masih seputar topik normalisasi pasca-penutupan sepihak Kaesong oleh Korea Utara (Korut) pada April silam.

Pihak Korea Selatan (Korsel) menuntut Korut bertanggung jawab atas segala kerusakan perusahaan-perusahaan Korsel di Kaesong. "Kami meminta jaminan kepada Korut," kata pernyataan delegasi Seoul.

Selain memasukkan usulan agar Kaesong diperluas perannya menjadi kawasan industri internasional, Korsel menginginkan agar penutupan sepihak tak terjadi lagi. "Kami minta agar Korut menjamin keamanan bagi para pekerja dan aset Korsel di Kaesong," kata Ketua Delegasi Korsel Kim Kiwoong.

 


Sementara, Ketua Delegasi Korut Park Chol Su menegaskan agar pembicaraan terus berlangsung dengan hasil baik. Dengan begitu, menurut hematnya, Kaesong bakal menjadi harapan bagi masa depan kedua negara. "Jika tidak, Kaesong akan ditutup," katanya.

Korsel dan Korut menggelar pembicaraan soal Kaesong untuk kali pertama pada 12 Juni 2013. Namun, dialog itu menemui jalan buntu gara-gara perbedaan pendapat soal status ketua delegasi. Pembicaraan soal Kaesong juga menjadi pembicaraan terkait hubungan bilateral sejak Perang Korea pada 1950-1953.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.