Salin Artikel

Apa yang Dimaksud dengan Negara dan untuk Apa Ada Negara?

Sementara itu, pengertian negara menurut Prof Mr Soenarko adalah organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dengan kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai kedaulatan.

Adapun menurut Dr Wiryono Projodikoro SH, negara adalah suatu organisasi di atas kelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersama-sama mendiami suatu wilayah (teritori) tertentu, dengan mengakui adanya suatu pemerintahan yang mengurus tata tertib dan keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia tadi.

Pengertian negara menurut pakar luar negeri

Harold J Laski menerangkan, negara adalah suatu masyarakat yang dipadukan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok dalam masyarakat.

Aristoteles menjelaskan, negara adalah perpaduan beberapa keluarga mencakup beberapa desa, hingga pada akhirnya dapat berdiri sendiri sepenuhnya, dengan tujuan kesenangan dan kehormatan bersama.

Kemudian menurut Konvensi Montevideo, negara adalah organisasi kesatuan ikatan masyarakat yang memiliki kekuasaan yang dibentuk oleh sesuatu bangsa dengan tujuan mencapai cita-cita dan kepentingan bersama.

Pertama, negara berkewajiban memberi rasa aman kepada semua warganya dari segala ancaman dalam bentuk apa pun.

Kedua, negara harus mendorong dan menciptakan kesejahteraan ekonomi bagi semua warganya.

Berangkat dari dua tugas negara utama itulah, gagasan soal politik kesejahteraan harus dimulai dari misi luhur negara untuk mengelola semua sumber daya yang ada demi kesejahteraan rakyat.

Cita-cita ideal ini kemudian secara konkret penting diterjemahkan dalam kebijakan yang memiliki parameter tunggal, yakni apakah kebijakan yang dilahirkan negara betul-betul demi mewujudkan kesejahteraan rakyatnya.

Jika tidak, seluruh kebijakan yang bertabrakan dengan nilai etis itu harus disisihkan.

Demikian penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan negara dan untuk apa ada negara.

Buku "Negara dan Politik Kesejahteraan" karya A Muhaimin Iskandar yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama, bisa dibeli di Gramedia.com.

https://internasional.kompas.com/read/2022/05/31/113000370/apa-yang-dimaksud-dengan-negara-dan-untuk-apa-ada-negara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke