Salin Artikel

Mendarat di Venezuela, Pesawat China Angkut Bantuan Medis 71 Ton

Ini merupakan bagian dari perjanjian kerja sama kemanusiaan antara Presiden Nicolas Maduro dengan pemerintah China.

Laporan AFP menyebutkan, pesawat Boeing 747 yang mengangkut 71 ton obat-obatan dan keperluan untuk pembedahan telah tiba di Caracas.

Persediaan itu termasuk kebutuhan perempuan hamil dan obat-obatan untuk mengobati penyakit pernapasan.

"Dengan pengiriman kedua ini dan yang sudah kami terima dari Federasi Rusia, Palang Merah Internasional, dan Bulan Sabit Merah, total obat-obatan mencapai 166 ton," ujar Menteri Kesehatan Venezuela Carlos Alvarado.

Seperti diketahui, Venezuela merupakan negara yang dilanda krisis dan menderita kekurangan kebutuhan pokok seperti makanan serta obat-obatan selama lima tahun resesi.

PBB menyebutkan, hampir seperempat dari 30 juta penduduk negara itu membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Bulan lalu, Maduro mengizinkan pengiriman bantuan dari Palang Merah. Lembaga itu meminta kedua pihak dalam perebutan kekuasaan di Venezuela menghindari politisasi masalah kemanusiaan.

Duta Besar China untuk Venezuela, Li Baorong, berharap pengiriman bantuan medis ini akan mengurangi penderitaan akibat sanksi negara asing.

Pemerintah Maduro didukung oleh China dan Rusia sementara AS mendukung pemimpin oposisi Juan Guaido sebagai presiden sementara Venezuela.

Guaido berupaya memasukkan bantuan dari AS, Kolombia, Brasil, dan Curacao. Namun, militer Venezuela mencegahnya dia melakukannya.

Maduro menyalahkan sanksi AS atas permasalahan di Venezuela. Dia mengklaim, AS telah merugikan ekonomi di negaranya sekitar 30 miliar dollar AS atau Rp 433 triliun.

https://internasional.kompas.com/read/2019/05/14/09014041/mendarat-di-venezuela-pesawat-china-angkut-bantuan-medis-71-ton

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke