Salin Artikel

Ini 5 Jalan Raya Terpanjang di Dunia, Salah Satunya Mencapai 48.000 Km

KOMPAS.com - Akses jalan raya menjadi penting saat digunakan sesuai fungsinya. Selain mempercepat transportasi, keberadaan jalan raya menunjang sektor ekonomi dan bisnis.

Jalan raya tak hanya menghubungkan dua tempat yang berjauhan menjadi terhubung dalam satu akses.

Jika dua tempat terhubung dengan mudah, tentunya biaya distribusi yang lebih murah akan membuat harga jual barang lebih terpangkas. Barang pun menjadi lebih murah.

Beberapa negara di belahan dunia memahami pentingnya akses transportasi dengan membangun jalan raya. Pembangunan biasanya dilakukan dengan menggunakan dana dari setiap negara yang dilewati jalur tersebut.

Berikut ini adalah jalan raya terpanjang di dunia:

Jalan yang melewati Meksiko ini dibangun sepenuhnya oleh Meksiko. Sementara bagian negara lain di Amerika Tengah, pembangunan jalan mendapatkan bantuan dana dari Amerika Serikat.

Kemudian, Pan-American Highway berkembang menjadi jalan raya yang menghubungkan negara dan dua kawasan di benua Amerika. Banyak negara yang berpartisipasi dalam pembangunan jalan ini untuk memperlancar transportasi darat.

Akhirnya, jalan ini membentang dari Alaska, Kanada menuju Chile, Argentina dan Brazil. Total panjang dari jalan ini sejauh 48.000 kilometer.

Dilansir dari WordAtlas, panjang dari Highway Australia ini adalah 14.484 km. Melalui jalur inilah, sejumlah akses transportasi di benua itu dimanfaatkan sebagian besar warga Australia.

Menurut The Sydney Morning Herald, pembangunan berawal pada 1955 dengan persetujuan awal dari berbagai wilayah bagian di Australia. Berbagai wilayah menggelontorkan dana untuk membangun jalan ini.

Pemerintah federal Queensland bahkan mengeluarkan 75 juta dollar Australia untuk membangun jalur ini.

Dilansir dari MumbaiMirror, jalur ini Ini membentang sekitar 11.000 kilometer dari St Petersburg ke Vladivistok atau dari Laut Baltik di Atlantik ke Samudra Pasifik yang sebagian besar jalan dibangun oleh narapidana.

Pembangunan jalan ini direncanakan pada 1949 oleh Trans-Canada Highway Act, dan dimulai setahun berikutnya.

Provinsi pertama yang menyelesaikan bagiannya adalah Saskatchewan, yang melakukannya pada 1957. Jalan raya pantai-ke-pantai ini secara resmi selesai pada 3 September 1962.

Namun, baru pada 1965 para pengendara mampu mengemudikan rute secara keseluruhan, dan konstruksi terus berlanjut di berbagai lokasi hingga pada 1971 terutama bagian dua jalur.

Dilansir dari Britannica, jalanan memanjang dari barat menuju timur antara Pasifik dan pantai Atlantik 7.821 kilometer, antara Victoria (Pulau Vancouver, British Columbia) dan St John’s (Newfoundland, Newfoundland and Labrador).

Selain itu, Trans Canada melewati 10 provinsi yang menghubungkan banyak kota di negara tersebut.

Hingga saat ini, jalur ini menjadi salah satu jalan terpanjang di China. Pembangunan jalan raya ini dipandang sebagai kunci untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Negara Tirai Bambu itu.

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/31/13443321/ini-5-jalan-raya-terpanjang-di-dunia-salah-satunya-mencapai-48000-km

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke