Salin Artikel

Pelatih dan Remaja yang Dievakuasi dari Goa Resmi Jadi Warga Negara Thailand

AFP mewartakan, keempatnya selama ini hidup tanpa memiliki status kewarganegaraan sehingga kehilangan beberapa manfaat dan hak dasar yang diperoleh seperti warga negara lainnya.

Tanpa status itu, mereka tidak akan bisa bepergian ke luar Chiang Rai, provinsi tempat mereka tinggal. Wilayah tersebut merupakan rumah bagi etnis minoritas yang dekat dengan Myanmar.

"Hari ini, kalian semua adalah warga negara Thailand," kata kepala distrik Mae Sai, Somsak Khanakham.

Somsak memberikan langsung kartu identitas nasional kepada para remaja dan pelatihnya dalam upacara penyerahan di kantor daerah setempat, Rabu (8/8/2018).

Kepala pelatih tim "Wild Boars" Nopparat Kanthawong mengatakan, mereka menerima kartu identitas Thailand bersama dengan anggota tim lainnya yang bahkan tidak ikut terjebak di goa.

"Saya bahagia. Saya ingin bilang bahwa sepak bola bisa meningkatkan kehidupan anak-anak yang keluarganya mungkin tidak berada di posisi terbaik," katanya, seperti dikutip VOA.

"Jika mereka mendapat kewarganegaraan Thailand, di masa depan, apabila mereka tidak ingin bermain bola, mereka dapat ikut ujian menjadi pejabat publik atau mencari pekerjaan lainnya," ucapnya.

Menurut data dari badan urusan pengungsi PBB, ada 480.000 orang tanpa kewarganegaraan yang tinggal di Thailand.

Mereka biasanya berasal dari suku perbukitan nomaden dan kelompok etnis lain yang selama berabad-abad hidup di sekitar perbatasan Thailand, Myanmar, Laos dan China.

Terkait misi penyelamatan yang heroik terhadap 13 orang di goa Tham Luang, minat terhadap penggalian kisah mereka masih kuat dan rumah produksi bergaya Hollywood berlomba untuk membawa cerita mereka ke layar lebar.

Namun, pihak berwenang meminta media untuk menjaga jarak agar mereka dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan normal, dan menghindari munculnya trauma yang masih tersisa.

Penyelamatan yang berbahaya itu berhasil membawa semua 13 anggota tim ke tempat aman.

Tetapi seorang mantan penyelam Angkatan Laut Thailand meninggal ketika memasang tangki oksigen sebagai persiapan upaya mengeluarkan 13 orang dari goa.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/09/09243111/pelatih-dan-remaja-yang-dievakuasi-dari-goa-resmi-jadi-warga-negara

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.