Salin Artikel

Susul Menteri Brexit, Menlu Inggris Mundur dari Kabinet Theresa May

Dalam surat pengunduran dirinya kepada Perdana Menteri Inggris Theresa May, dia menyampaikan bahwa impian Brexit sedang sekarat.

"Brexit seharusnya tentang kesempatan dan harapan. Itu semestinya menjadi sebuah peluang untuk melakukan hal berbeda, yang lebih gesit dan dinamis," tulisnya, seperti diwartakan AFP.

Dia menambahkan, Brexit atau British Exit yaitu keluarnya Inggris dari Uni Eropa harus memaksimalkan keuntungan istimewa sebagai negara terbuka, yang memandang ekonomi global secara luas.

"Impian itu sedang sekarat, tercekik oleh keraguan diri yang tidak perlu," katanya.

Dia menyatakan, Inggris sedang menuju posisi "semi Brexit", dengan sebagian besar ekonomi masih terkunci dalam sistem Uni Eropa tanpa kendal atas sistem itu.

Menanggapi hal tersebut, May mengatakan Menteri Kesehatan Inggris Jeremy Hunt akan menggantikan posisi Johnson.

"Ratu telah menyetujui penunjukan Jeremy Hunt sebagai Menteri Negara untuk Urusan Luar Negeri dan Persemakmuran," demikian pernyataan dari kantor perdana menteri Inggris.

Sebelumnya, Menteri Brexit David Davis juga mengundurkan diri pada Minggu (8/7/2018) malam.

Mundurnya Davis terjadi dua hari setelah kabinet menyetujui rencana untuk mempertahankan keselarasan yang kuat dengan Uni Eropa, bahkan ketika Inggris meninggalkan blok itu.

May menunjuk Dominic Raab sebagai menteri Brexit yang baru. Sementara itu, wakil menteri Brexit Steve Baker juga mundur atas keputusan yang diambil oleh May terkait Brexit.

Pada Jumat lalu, May mengumumkan bahwa kabinetnya menyetujui rencana untuk mengikuti peraturan Uni Eropa di bidang perdagangan dalam negosiasi Brexit.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/10/09181831/susul-menteri-brexit-menlu-inggris-mundur-dari-kabinet-theresa-may

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke