Salin Artikel

Dalam Sepekan, 23 Diplomat Inggris Sudah Harus Keluar dari Rusia

Keputusan tersebut disampaikan Kementerian Luar Negeri Rusia pada Sabtu (17/3/2018), setelah sebelumnya memanggil duta besar Inggris, Laurie Bristow untuk menghadap.

"Sebanyak 23 staf diplomatik kedutaan besar Inggris di Moskwa telah dinyatakan sebagai persona non grata (orang yang tidak diinginkan) dan diminta segera meninggalkan Rusia dalam sepekan," tulis pernyataan kementerian, dikutip AFP.

Ditambahkan kementerian, langkah pengusiran tersebut diambil sebagai tanggapan atas keputusan Inggris yang dipandang provokatif dengan lebih dulu mengeluarkan staf diplomatik mereka.

Selain itu, Inggris dianggap telah melakukan tuduhan yang tidak berdasar dengan menyebut Rusia sebagai pihak di belakang insiden racun syaraf terhadap mantan agen ganda Sergei Skripal dan putrinya Yulia, di Salisbury pada 4 Maret.

Inggris menyebut racun yang digunakan pada mantan agen ganda tersebut dikembangkan pada masa Uni Soviet.

Selain mengeluarkan para staf diplomatik Inggris dari Rusia, Moskwa juga memerintahkan penghentian segala aktivitas organisasi internasional bidang pendidikan dan kebudayaan, British Council di wilayah negaranya.

"Perintah penghentian tersebutkarena status organisasi itu yang tidak diatur di Rusia," kementerian luar negeri menerangkan.

Kementerian juga memperingatkan kepada Inggris, setiap tindakan tak bersahabat yang ditujukan kepada Rusia, maka Moskwa berhak melakukan tindakan balasan yang sesuai.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/17/16332881/dalam-sepekan-23-diplomat-inggris-sudah-harus-keluar-dari-rusia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke