Salin Artikel

Pintu Darurat Pesawat Maskapai Nigeria Terlepas saat Baru Mendarat

Peristiwa menegangkan yang terjadi pada Rabu lalu ini langsung tersebar cepat di media sosial.

Salah satunya adalah cuitan Ola Orekunrin, seorang dokter asal Lagos. Dia mengatakan, pintu darurat terlepas saat pesawat itu mendarat pada pukul 06.48 waktu setempat.

Penumpang lain, Igah Dagogo kepada CNN mengatakan, sebenarnya dia sudah melihat pintu darurat tak tertutup dengan sempurna sejak pesawat itu berangkat dari Lagos.

"Saya hanya berada kurang dari satu meter dari pintu darurat, jadi saya bisa melihat pegangan pintu tidak dalam posisi sempurna," ujar Dagogo.

"Saya sudah menginformasikan hal tersebut kepada salah seorang pramugari, tetapi dia bersikukuh pintu sudah terkunci," tambah Dagogo.

Dagogo melanjutkan, pesawat itu sedang melakukan "taxi" di bandara Abuja saat pintu darurat terlepas, lalu terlempar, dan nyaris menghantam seorang penumpang.

"Setelah pintu terlepas, para penumpang datang untuk mengambil foto dan berteriak-teriak. Saya tak bisa bayangkan apa yang akan terjadi jika pintu itu terlepas saat kami masih di udara," ujar Dagogo.

Dagogo menambahan, para kru kabin mencoba menenangkan penumpang. Salah seorang penumpang bahkan mengajukan protes kepada pilot.

Sementara itu, manajemen Dana Airlines bersikukuh pintu darurat pesawat tidak mungkin terlepas dengan sendirinya.

"Kami ingin menegaskan bahwa pintu darurat tidak mungkin terbuka jika tidak ada seseorang penumpang yang membukanya," demikian Dana Airlines.

Manajemen menambahkan, saat pesawat mengudara kursi atau pintu tidak mungkin berguncang karena tekanan yang kuat di dalam kabin.

Manajemen Dana Air menambahkan, para teknisi dan petugas dari Otorita Penerbangan Sipil Nigeria (NCAA) sudah melakukan pemeriksaanmenyeluruh.

"Dan mereka tidak menyampaikan adanya masalah. Mereka juga menegaskan tak ada ancaman terhadap keselamatan penumpang," tambah Dana Airlines.

Insiden itu seolah memberi peluru bagi warga Nigeria untuk menyampaikan kekecewaan mereka terhadap industri penerbangan negeri itu.

"Jika ada yang ingin mengajukan class action saya mau bergabung. Saya juga ada di penerbangan tersebut, kursi 25D. Terlepasnya pintu menunjukkan buruknya pemeliharaan," kata Dapo Sanwo lewat akun Twitternya.

Meski baru saja mengalami insiden menegangkan itu, para penumpang seolah tak memiliki pilihan lain selain menggunakan Dana Airlines.

Igah Dagogo mengatakan, dia menggunakan lagi Dana Airlines saat terbang kembali ke Lagos di malam hari.

"Tujuh orang dari kami yang terbang di pagi hari pulang ke Lagos menggunakan penerbangan malam Dana Airlines," kata Dagogo.

"Saya memilih penerbangan yang sesuai dengan waktu saya. Tuhan yang akan menentukan nasib saya," tambah dia.


https://internasional.kompas.com/read/2018/02/11/07142581/pintu-darurat-pesawat-maskapai-nigeria-terlepas-saat-baru-mendarat

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.