Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Siap Kerahkan Semua Kekuatan Lawan Ancaman Korut

Kompas.com - 06/03/2017, 12:27 WIB

WASHINGTONC, KOMPAS.com – Amerika Serikat mengecam Korea Utara yang telah menembakkan empat rudal balistiknya ke Laut Timut atau Laut Jepang dan siap mengerahkan semua kekuatan menghadapi ancaman itu.

Washington siap untuk "menggunakan berbagai kekuatan yang kami miliki dalam menghadapi ancaman ini," demikian pelaksana tugas juru bicara Kementerian Dalam Negeri AS, Mark Toner, seperti dirilis Agence France-Presse, Senin (6/3/2017).

"AS mengutuk keras peluncuran rudal balistik Korut malam ini (Senin pagi WIB), yang melanggar resolusi DK PBB Resolusi yang telah melarang Korut untuk menggunakan teknologi rudal balistik," kata Mark Toner dalam sebuah pernyataan.

Toner juga menambahkan, "Kami tetap siap - dan akan terus mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesiapan kami - untuk mempertahankan diri dan sekutu kami dari serangan, dan siap untuk menggunakan berbagai kemampuan yang kami miliki untuk menghadapi serangan.”

Korut menembakkan empat rudal ke perairan timur Semenanjung Korea pada Senin (6/3/2017). Rudal ditembakkan dari Pyongan Utara pada sekitar pukul 7.36 waktu setempat.

Sementara itu Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, membenarkan adanya penembakan rudal balistik Korut di depan parlemen Jepang, Senin (6/3/2017) pagi.

"Korut hari ini menembakkan empat rudal balistik secara hampir bersamaan dan rudal-rudal itu melesat sejauh sekitar 1.000 kilometer (620 mil)," kata Abe di parlemen Jepang.

"Tiga dari mereka mendarat di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) negara kita," kata Abe.

Kantor berita Korsel, Yonhap, mengutip seorang pejabat kementerian yang tak disebutkan namanya mengatakan, proyektil bisa jadi sebuah rudal balistik antarbenua yang mampu mencapai daratan AS.

Seoul dan Washington telah meluncurkan latihan militer tahunan bersama pekan lalu, yang membuat marah Pyongyang dengan mengecamnya sebagai aksi provokatif untuk invasi militer.

Ketika mengunjungi sebuah markas tentara Korut, pemimpin Kim Jong Un memerintahkan pasukan untuk "bersiaga menghadapi serangan tanpa ampun terhadap serangan udara mendadak musuh"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com