Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Rusia untuk PBB Meninggal Dunia Mendadak di New York

Kompas.com - 21/02/2017, 05:40 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Duta Besar Rusia untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Vitaly Churkin, meninggal dunia mendadak di New York, Amerika Serikat.

Kementerian Luar Negeri Rusia yang mengonfrmasi kabar ini menyebutkan, Churkin wafat tepat sehari sebelum ulang tahunnya yang ke 65, Senin (20/2/2017) waktu setempat.

Sebuah sumber di otoritas penegak hukum di New York menyebutkan, Churkin mendapat serangan jantung saat berada di Kantor Perwakilan Rusia di East 67th Street.

Dia sempat dilarikan ke RS Presbyterian Hospital, dan di sana dia dinyatakan meninggal dunia.

Menteri Luar Negeri Rusia mengatakan Churkin adalah diplomat Rusia yang luar biasa, yang meninggal dunia saat melaksanakan tugasnya.

Sementara, Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan rasa simpatinya kepada kerabat, keluarga dan seluruh staf di Kemenlu Rusia, atas kabar duka tersebut. Demikian diungkapkan pihak Istana Kremlin.

Di kantor pusat PBB, sempat digelar prosesi mengheningkan cipta untuk menghormati berpulangnya Churkin, Senin.

"Kami kehilangan salah satu anggota yang paling dihormati dan berpengaruh di keluarga besar PBB," kata Presiden Majelis Umum PBB Peter Thomson.

"Saya dapat mengatakan dengan percaya diri bahwa nama dia akan terus hidup di dalam sejarah organisasi ini," sambung dia, seperti dikutip laman CNN.

Thomson mengatakan, Churkin akan terus dikenang dengan kecerdasannya yang luar biasa, keterampilan yang sempurna di sisi diplomasi, serta selera humor yang baik.

Churkin dikenal sebagai figur yang percaya diri dan agresif di Dewan Keamanan PBB.

Selama satu dekade, Churkin mengangkat tangannya untuk mengeluarkan veto terhadap berbagai resolusi, mulai dari krisis Suriah dan penembakan Malaysia Airlines di Ukraina timur.

Dia berdiri teguh dalam mendukung rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad terhadap serangan Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com