Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Serangan Kafe, Polisi Banglades Tangkap Seorang Warga Inggris

Kompas.com - 04/08/2016, 16:15 WIB

DHAKA, KOMPAS.com - Seorang warga negara Inggris dan seorang mahasiswa di sebuah universitas Kanada ditahan karena diduga terlibat dalam penyerangan kafe di Dhaka bulan lalu.

Hasnat Karim, warga Inggris keturunan Banglades dan Tahmid Khan, mahasiswa Universitas Toronto ditahan pada Rabu (3/8/2016) malam.

"Kami bisa memastikan mereka ditahan berdasarkan pasal 54 CrPC (prosedur kriminal)," kata juru bicara kepolisian AKM Shahidur Rahman merujuk pada undang-undang yang mengizinkan polisi menahan tersangka pelaku kriminal.

Karim dan Khan berada di kafe Holey Artisan saat tempat itu diserbu pada 1 Juli malam. Kelompok penyerang kemudian membunuh 20 sandera, kebanyakan warga asing dan dua polisi.

Namun, kedua orang itu menghilang sejak pengepungan kafe berakhir ketika pasukan khusus menyerbu kafe yang berada di kawasan elite Gulshan pada 2 Juli pagi.

Keluarga kedua pria ini awalnya mengatakan Karim dan Khan ditahan aparat kepolisian dan menegaskan mereka tak terkait dengan para penyerang.

Awal pekan ini kepolisian Banglades menyebut nama warga Kanada, Tamim Chowdury sebagai otak serangan itu dan menjanjikan hadiah 25.000 dolar AS bagi siapa saja yang memberi informasi yang dapat menuntun ke penangkapan Chowdury.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com