Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengawal Pribadi Osama bin Laden Dibawa dari Guantanamo ke Montenegro

Kompas.com - 23/06/2016, 09:50 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pentagon, Rabu (22/6/2016) atau Kamis WIB, mengumumkan pemindahan narapidana di penjara Guantanamo, Abdel Malik Ahmed Abdel Wahab al-Rahabi ke Montenegro.

Dengan pemindahan ini, maka populasi penjara militer kontroversial itu menjadi 79 orang. 

"Pemerintah Amerika Serikat bersyukur dengan kesediaan Pemerintah Montenegro untuk menunjukkan bantuan kemanusiaannya dalam bentuk kesediaan mendukung AS dalam upayan menutup penjara Guantanamo," demikian pernyataan Pentagon yang dirilis Kantor Berita AFP.

Beberapa tahun lalu, para pejabat di AS menyebutkan, al-Rahabi adalah pengawal pribadi Pemimpin Al Qaeda, Osama Bin Laden.

Berdasarkan data yang dilansir New York Times, al-Rahabi adalah pria kelahiran tahun 1979 di Yaman. 

Dia ditangkap oleh pasukan Pakistan pada 15 Desember 2001 saat mencoba melintasi perbatasan Afganistan-Pakistan di dekat Parachinar.

Al-Rahabi ditangkap bersama dengan 31 teroris AL-Qaeda lainnya. Informasi ini berdasarkan data laporan intelijen AS bertajuk "dirty 30".

Pada 11 Januari 2002 dia dipindahkan ke Guantanamo, dengan alasan demi mendapatkan informasi mengenai pendanaan dan perekrutan anggota Taliban.

Presiden Barack Obama sudah memaparkan di depan Kongres, tentang rencana baru terhadap Guantanamo.

Obama mengatakan, keberadaan penjara itu hanya menyulut gerakan anti-AS dan membakar kebencian kelompok Islam garis keras.

Kendati demikian, legislator dari Partai Republiken menentang rencana itu. Utamanya tentang keinginan Obama memindahkan tahanan berisiko tinggi ke sebuah wilayah di AS. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com