Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Pepper Mulai Bekerja di Rumah Sakit di Belgia

Kompas.com - 15/06/2016, 20:26 WIB

KOMPAS.com - Pepper, -robot menyerupai manusia yang diprogram untuk 'memahami' emosi manusia, akan mendapat pekerjaan baru sebagai resepsionis di dua rumah sakit di Belgia.

Untuk pertama kalinya, robot akan diperkerjakan di bidang kesehatan setelah robot-robot lain dikerahkan di pusat perbelanjaan, bank, dan stasiun kereta api.

Robot yang diproduksi dalam kelompok 1.000 unit ini laris terjual di Jepang dengan harga untuk rumah sakit sekitar Rp 455 juta per unit. Angka tersebut jauh lebih mahal dibandingkan model biasa seharga Rp 24 juta.

Pepper yang diproduksi oleh Softbank dirancang khusus dengan perangkat lunak dari perusahaan Belgia Zora Botts. Robot ini mampu membuka pintu masuk ke meja resepsionis bila Pepper sedang bertugas.

Dengan tinggi 1,2 meter, Pepper dapat mengenali suara manusia dalam 20 bahasa dan dapat mendeteksi apakah dia berbicara dengan pria, wanita, atau anak-anak.

Di rumah sakit CHR Citadelle di Liege, Pepper akan bekerja di bagian resepsionis. Namun di rumah sakit AZ Damiaan di Ostend, ia akan mengantar pengunjung sampai ke departemen yang dituju.

Kedua rumah sakit sebelumnya menggunakan robot Nao yang berukuran lebih kecil -yang juga dibuat oleh Southbank- yang ditempatkan di bangsal anak-anak dan orang-orang lanjut usia.

Robot kecil ini membantu pada sesi latihan fisik dan menghibur anak-anak yang ketakutan sebelum operasi, terkadang juga mengantar mereka hingga ke ruang operasi.

Pakar robot Profesor Noel Sharkey mengatakan pada BBC, "Robot ini pintar dalam menyampaikan pesan melalui bahasa tubuh, tapi caranya mendeteksi emosi manusia sepertinya terlalu berlebihan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com