Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Muhammad Ali Tiba di Kota Kelahirannya

Kompas.com - 06/06/2016, 16:41 WIB

LOUISVILLE, KOMPAS.com - Jasad almarhum Muhammad Ali telah tiba di kota kelahirannya Louisville, Kentucky di mana dia akan dikebumikan akhir pekan ini.

Peti jenazah Ali, diangkut sebuah pesawat pribadi dari Scottsdale, Arizona di mana mantan juara dunia tinju kelas berat itu meninggal dunia dalam usia 74 tahun pekan lalu.

Istrinya, Lonnie dan sejumlah anggota keluarga ada di dalam pesawat tersebut. Demikian juru bicara keluarga Ali, Bob Gunnell.

Setibanya di Louisville, jasad Ali akan dibawa ke rumah persemayaman dan keluarga akan berkonsultasi dengan seorang imam yang akan memimpin jalannya pemakaman petinju yang terkenal dengan sebutan "Si Mulut Besar" itu.

Menurut rencana, prosesi pemakaman Ali akan digelar di sebuah stadion basket berkapasitas 20.000 orang. Dalam prosesi itu, mantan presiden Bill Clinton akan memberi sambutan dalam upacara yang disiarkan ke seluruh dunia lewat internet itu.

Selain itu akan digelar juga sebuah prosesi di jalanan kota Louisville tempat Ali tumbuh besar dan melewati kediaman masa kecil sang legenda.

Muhammad Ali lahir pada 17 Januari 1942 dengan nama Cassius Marcellus Clay, Jr. Sepanjang karier bertinjunya dia mengantungi 56 kemenangan dan hanya lima kali kalah.

Selain dikenal di ring tinju, Ali juga tenar karena menentang wajib militer dalam masa Perang Vietnam. Alhasil, dia ditahan dan gelarnya dicopot. Pada 1971 dakwaannya dicabut dan gelarnya dikembalikan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com