Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petinju Legendaris Muhammad Ali Meninggal dalam Usia 74 Tahun

Kompas.com - 04/06/2016, 13:14 WIB
Pascal S Bin Saju

Penulis

Sumber AFP/VOA/AP

PHOENIX, KOMPAS.com — Petinju kelas berat legendaris, Muhammad Ali, telah berpulang pada usia 74 tahun di sebuah rumah sakit di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, Jumat (3/6/2016) malam waktu setempat atau Kamis (4/6/2016) siang WIB.

Mantan juara kelas berat yang kepribadiannya telah melampaui dunia olahraga dan memikat seluruh dunia itu meninggal akibat gangguan pernapasan.

Ali juga menderita penyakit parkinson yang didiagnosis sejak awal tahun 1980-an. Dia pernah tiga kali menjuarai tinju kelas berat.

"Setelah bergulat selama 32 tahun dengan penyakit parkinson, Muhammad Ali telah meninggal pada usia 74 tahun," kata juru bicaranya, Bob Gunnell.

Jenazahnya akan dimakamkan dalam sebuah upacara di kota kelahirannya, Louisville, Kentucky.

Sebelumnya, Ali menjalani perawatan di rumah sakit untuk hari kedua, Jumat, setelah mengalami infeksi pernapasan.

Orang-orang yang mengetahui kondisinya mengatakan, dia mungkin menderita penyakit yang lebih parah dan menggusarkan keluarganya.

Ali pensiun dari dunia tinju pada tahun 1981 dan sudah 30 tahun menderita penyakit parkinson.

Meskipun dalam kondisi begitu, Ali tetap sibuk tampil dalam berbagai acara sampai belakangan ini meskipun dia tidak berbicara di depan umum selama bertahun-tahun.

Para dokter mengatakan, penyakit parkinson itu mungkin disebabkan oleh ribuan pukulan yang dialami Ali sepanjang kariernya di seluruh dunia.

Ali telah dirawat di rumah sakit berkali-kali, yang paling belakangan dirawat pada awal tahun 2015 karena infeksi saluran kencing yang gawat, yang semula didiagnosis sebagai radang paru-paru.

Berita-berita bahwa Ali dirawat di rumah sakit membuat banyak petinju dan lainnya mendoakan bagi kesehatannya lewat Twitter, termasuk Sugar Ray Leonard, yang meniru gaya tinju Ali.

Leonard menulis, "Doa bersama harapan kami bagi kesehatan idola, sahabat, dan tanpa diragukan, yang terbesar sepanjang masa @Muhammad Ali ! # GOAT (Greatest of All Time, Red)".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/VOA/AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com