Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Rambut Sepanjang 19 Meter, Pria Ini Incar Rekor Dunia

Kompas.com - 03/06/2016, 15:10 WIB

SURENDRANAGAR, KOMPAS.com - Savjibhai Rathwa, seorang pria India yang memiliki rambut sepanjang hampir 19 meter berharap pihak Guinness World Records mau menorehkan nama dia di buku rekor dunia.

Dalam sebuah rekam video yang diambil di wilayah perkampungan Surendranagar, India, terlihat, lelaki berusia 60 tahun itu membuka gulungan rambut berbentuk tambang yang disampirkannya di lengan.

Terlihat, dia memang memiliki rambut yang sangat panjang. Diperkirakan, Rathwa telah memeliharanya selama beberapa dekade.

Jika Rathwa harus beraktivitas, dia biasa menggulung rambut itu hingga membentuk tali tambang panjang, dan membawanya di lengan. Atau, dia menggulung rambut itu ke atas kepala hingga berbentuk surban.

Rathwa mengaku banyak menyantap makanan sehat sepanjang hidupnya. Dengan buah dan sayur maka rambutnya tetap terpelihara sehat dan kuat. 

Pria ini mengaku menghabiskan waktu tiga jam untuk membersihkan rambutnya setiap dua hari sekali.

Lalu, dia meminta bantuan cucunya untuk membentangkan rambut itu dan menjemur di bawah sinar matahari. 

Sebuah organisasi lokal nirlaba mengaku telah membantu Rathwa untuk mengajukan aplikasi kepada the Guinness Book of World Records.

Berdasarkan catatan yang ada, rekor rambut terpanjang dunia saat ini dipegang oleh Xie Qiuping dari China. Dia memiliki panjang rambut 6,7 meter dan telah meninggal pada tahun 2010. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com