Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Pelantikan Htin Kyaw "Momen Luar Biasa" untuk Myanmar

Kompas.com - 30/03/2016, 20:52 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama, Rabu (30/3/2016), menyambut baik pelantikan Htin Kyaw sebagai presiden baru Myanmar.

"Pelantikan Htin Kyaw menjadi momen bersejarah dalam transisi Myanmar menjadi negara yang dipimpin pemerintahan sipil hasil pemilihan yang demokratis," kata Obama.

"Momen luar biasa dalam sejara Myanmar ini merupakan warisan bagi rakyat, institusi dan para pemimpin yang bekerja sama untuk memastikan transisi kekuasaan yang damai," lanjut Obama.

Obama menyebut, dilantiknya Kyaw, sekutu dekat Aung San Suu Kyi, merupakan sebuah "momen luar biasa" bagi Myanmar yang tengah melepaskan diri dari kekuasaan rezim militer.

"Momen ini juga menandai pentingnya reformasi yang sudah dilakukan negeri ini sejak 2011," papar Obama.

Obama melanjutkan, pemerintah AS siap bekerja sama dengan Htin Kyaw, sembari mengingatkan bahwa Myanmar menghadapi banyak tantangan untuk melangkah maju.

Berbagai tantangan itu termasuk pembangunan ekonomi dan memastikan terlindunginya kebebasan warga negara.

"Amerika Serikat siap menjadi teman dan rekanan pemerintah baru dan rakyat Myanmar dalam upaya untuk maju menuju masa depan yang lebih inklusif, damai dan sejahtera," demikian Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com