Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sanders Singkirkan Hillary di Washington dan Alaska

Kompas.com - 27/03/2016, 13:56 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.om – Senator dari Negara Bagian Vermont, Bernie Sanders, menang dalam pemilihan bakal calon presiden dari Partai Demokrat di dua negara bagian AS. Hal itu cukup untul memperkecil perbedaan suara dengan saingannya utamanya, Hillary Clinton.

Senator Sanders menang di Negara Bagian Washington dan Alaska. Hawaii juga melakukan pemungutan suara bagi dua bakal calon presiden dari partai Demokrat ini.

Sanders menang 72 persen suara di Washington, sedangkan Hillary hanya 27 persen.

Jaringan TV AS menyebutkan Sanders juga menang sekitar 79 persen suara di Alaska, dan Hillary tertinggal di 21 persen saja.

Hasil akhir pemungutan suara untuk memilih bakal calon presiden dari kubu Demokrat di Hawaii belum ada tetapi diperkirakan Sanders juga akan menang di sana. Kemenangan Sanders di Washington dan Alaska sudah diduga para pengamat sebelumnya.

Washington merupakan yang paling penting dari tiga negara bagian dalam pemugutan suara Sabtu lalu, dengan memperebutkan 101 delegasi. Sementara di Alaska terdapat 16 delegasi dan Hawaii 25 delegasi.

Meksipun menang di dua negara bagian tadi, Sanders masih harus berjuang untuk mengalahkan Hillary yang masih memimpin dengan perolehan suara dari 1.223 delegasi. Sedangkan Sanders baru mengantongi 920 delegasi.

Hillary juga masih memimpin dukungan dari super delegasi,  pejabat partai yang dapat mendukung salah satu kandidat,   yang telah mendeklarasikan pilihan mereka dengan 1.692 dibandingkan 949.

Bakal calon presiden ini butuh dukungan dari 2.383 delegasi untuk menang dan menjadi kandidat presiden dari Partai Demokrat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com