Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemungutan Suara Hari Ini Kemungkinan Untungkan Sanders

Kompas.com - 27/03/2016, 08:30 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com -  Senator Amerika Serikat dari Negara Bagian Vermont, Bernie Sanders, kemungkinan diuntungkan dalam pemungutan suara pada hari ini.

Tiga negara bagian di wilayah barat Amerika Serikat, yakni Alaska, Hawaii, dan Washington, Sabtu (26/3/2016),  mengadakan pemungutan suara Partai Demokrat. Ajang demokrasi itu untuk memilih calon presiden menjelang kovensi Partai Demokrat.

Mantan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton adalah kandidat terkuat dengan keunggulan besar dalam jumlah delegasi, tetapi Senator dari Vermont Bernie Sanders tidak mau menghentikan usahanya menjadi calon presiden. 

Di sebagian daerah Sanders  adalah lawan yang tangguh bagi Hillary.

Hillary, dalam pidatonya Rabu lalu, setelah serangan maut di Brussels, menarget kandidat calon presiden dari partai Republik Donald Trump dan Ted Cruz dan apa yang disebutnya kebijakan luar negeri yang gegabah.

“Kita perlu mengandalkan apa yang benar-benar dapat berhasil bukan mengeluarkan ucapan ancaman lantang yang menjauhkan mitra-mitra kita dan tidak membuat kita lebih aman,” kata Hilary.

Sanders, yang sangat populer dengan generasi millennial atau yang lahir awal tahun 1980-an sampai tahun 2000 dan pemilih pertama kalinya, telah mengatakan, “Kita membutuhkan revolusi politik.”

Para analis mengatakan pemungutan suara hari ini kemungkinkan akan menguntungkan Sanders. Hal itu  karena para aktivis partai atau kaukus cenderung mendatangkan kaum Demokrat liberal yang paling aktif.

Di samping itu, Sanders sangat digemari pemilih yang masih muda, yang menjadi kunci terpilihnya Presiden Barack Obama dua kali.

Hillary masih membutuhkan 672 delegasi utuk menjadi calon presiden dari partai Demokrat. Sanders membutuhkan lebih dari dua kali lipat jumlah itu, dan 142 delegasi diperebutkan hari ini, untuk mencapai sasaran 2.383 delegasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com