Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga "Smartphone" Asal India Ini Hanya Rp 98.000

Kompas.com - 18/02/2016, 12:23 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com — Perusahaan telepon genggam India, Ringing Bells, segera merilis telepon pintar paling murah di negeri itu.

Telepon pintar produksi India itu hanya dijual dengan harga yang mengejutkan, yaitu 500 rupee atau sekitar Rp 98.000 saja.

Produksi telepon pintar murah ini sejalan dengan visi Pemerintah India pimpinan PM Narendra Modi untuk memberdayakan semua warga India dalam meningkatkan perekonomian negeri itu.

Telepon pintar murah itu sudah diluncurkan pada Rabu (17/2/2016) oleh Menteri Pertahanan Manohar Parrikkar.

Smartphone murah yang dinamai Freedom 251 ini diyakini bisa merebut pasar India sebab saat ini harga rata-rata telepon genggam di India adalah Rp 300.000.

Tahun lalu, perusahaan India lainnya, DataWind, bekerja sama dengan Reliance Communication, berencana meluncurkan telepon pintar termurah dengan harga 999 rupee atau di bawah Rp 200.000, tetapi rencana ini belum terwujud.

Ringing Bells, yang baru berdiri tahun lalu, sudah meluncurkan sebuah telepon pintar 4G termurah dengan harga 2.999 rupee. Perusahaan ini juga sudah meluncurkan dua jenis telepon lainnya ke pasaran.

India, salah satu pasar telepon pintar dengan pertumbuhan terpesat di dunia, berambisi mengambil alih posisi AS sebagai pasar telepon pintar kedua terbesar di dunia dalam beberapa tahun mendatang.

Dalam beberapa bulan terakhir, pabrikan telepon pintar internasional, seperti Xiaomi, Motorola, dan Gionee sudah merakit produk mereka di India.

Hal ini sesuai dengan program Pemerintah India yang mendorong pertumbuhan industri manufaktur dalam negeri lewat inisiatif "Buatlah di India".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com