Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Batasi Titik Masuk Pengungsi dari Austria

Kompas.com - 31/10/2015, 14:50 WIB
KOMPAS.com - Jerman akan membatasi titik masuk buat para pengungsi dari Austria sebagai upaya mengurangi arus masuk ribuan orang yang setiap harinya melintasi Bavaria.

Pemerintah Jerman mengatakan mereka sudah mencapai kesepakatan dengan Austria di lima titik perlintasan pada perbatasan sepanjang 800km.

Pejabat berwenang di Bavaria mengeluhkan kurangnya koordinasi dengan Austria sehingga menghambat upaya membantu pengungsi yang baru datang.

Masih banyak lagi pengungsi yang berusaha masuk dari Yunani di tengah suhu dingin dan berharap mendapat suaka di Jerman.

Sementara itu, lebih dari 20 pengungsi, kebanyakan adalah anak-anak, tenggelam di perairan Yunani saat mereka berusaha mencapai Uni Eropa lewat Turki menggunakan perahu.

Pejabat Yunani mengatakan, berdasarkan data resmi, 19 orang tewas, dan 138 berhasil diselamatkan dekat pulau Kalymnos.

Tiga lainnya meninggal di lepas dari Pulau Rhodes dan tiga korban lain masih hilang. Ada enam orang yang diselamatkan di sana.

Penjaga pantai Spanyol menghentikan pencarian 35 migran yang hilang di laut sehari setelah kapal mereka terhempas dalam perjalanan dari Maroko.

Sebanyak 15 orang ditemukan dalam kondisi selamat, namun penjaga pantai juga menemukan empat jenazah korban.

Arus Baru

Juru bicara kementerian dalam negeri Jerman mengatakan pada kantor berita AFP bahwa aturan baru soal titik masuk itu akan segera berlaku.

"Kami ingin menjalankan prosedur yang lebih teratur," katanya.

Politisi senior Bavaria mengatakan bahwa dalam kesepakatan baru tersebut, dalam satu jam, hanya 50 pengungsi yang diperbolehkan melewati perbatasan di lima titik yang disetujui.

Awal minggu ini, Menteri Dalam Negeri Jerman Thomas de Maziere menuduh Austria sengaja membawa pengungsi ke perbatasan Jerman pada malam hari, dan meninggalkan mereka di sana tanpa pemberitahuan.

Juru bicara polisi federal Heinrich Onstein mengatakan bahwa mereka melakukan segala upaya agar pengungsi tidak tidur di luar ruangan.

Menurutnya, masalahnya adalah, mereka "tidak tahu berapa orang yang akan datang dan di pos perbatasan yang mana".

Meski begitu, juru bicara Austria membantah tuduhan tersebut dan menyebutnya sebuah "gurauan" karena, menurutnya, Austria menerima 11 ribu orang sehari hanya dari perlintasan Spielfeld dari Kroasia.

Jerman diperkirakan akan menerima 800 ribu pencari suaka tahun ini - beberapa perkiraan menyebut angka 1,5 juta, empat kali lipat lebih banyak daripada jumlah pengungsi yang datang tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com