Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.830 Migran Diselamatkan dari 6 Kapal yang Terkatung-katung di Luat Tengah

Kompas.com - 06/10/2015, 09:16 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Lebih dari 1.800 migran diselamatkan dari enam kapal yang ditemukan sedang terombang-ambing di Laut Tengah, tepatnya di lepas pantai Libya pada Senin (5/10/2015).

Penjaga pantai Italia mengatakan, sebanyak 1.830 orang telah dibawa ke daratan dalam enam operasi berbeda untuk menyelamatkan para penumpang di empat kapal dan dua perahu karet yang terkatung-katung tersebut.

Tiga kapal Italia dan masing-masing satu kapal Inggris dan Irlandia, yang ambil bagian dalam misi Navfor Med Uni Eropa, terlibat dalam upaya penyelamatan itu.

Lebih dari setengah juta migran dan pengungsi telah mendarat di pantai Eropa sepanjang tahun ini, kata badan pengungsi PBB. Sekitar 2.980 orang telah tewas atau hilang saat mencoba untuk menyeberang ke Eropa.

Kebanyakan mereka yang berangkat dari Libya adalah orang-orang Afrika. Sementara yang berangkat dari Turki umumnya adalah orang-orang yang melarikan diri dari konflik dan penderitaan di Timur Tengah dan Asia.

Sejak hari Rabu, sejumlah kapal yang beroperasi di bawah naungan Navfor Med Uni Eropa akan punya kekuasaan baru untuk menangani para penyelundup manusia yang mengangkut para migran dan pengungsi dalam kapal-kapal yang penuh sesak. Anggota pasukan Navfor Med akan berhak untuk naik, mencari, menangkap dan mengalihkan kapal-kapal yang ditemukan di perairan internasional yang diduga digunakan untuk menyelundupkan orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com