Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 13 Migran Tewas Saat Kapal yang Mereka Tumpangi Tenggelam

Kompas.com - 21/09/2015, 05:48 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Sedikitnya 13 migran tenggelam di perairan Turki pada Minggu (20/9/2015). Perahu yang mereka tumpangi menabrak kapal berbendera Turki saat keadaan gelap gulita.

Dari 13 migran yang menuju Yunani itu, enam di antaranya adalah anak-anak. Tubuh anak-anak tersebut ditemukan oleh petugas penjaga pantai Turki, meski masih ada dua anak lainnya yang belum ditemukan.

Para imigran itu menaiki perahu yang berpenumpang 46 orang dari Turki menuju Yunani, kata prajurit Dogan kantor berita setempat.

"Saat itu keadaannya gelap, kami melihat ada kapal mendekati. Kami sempat memberi sinyal berupa sinar dari senter dan ponsel kami, tapi mereka tak melihat kami," kata saksi mata yang selamat dari perahu nahas tersebut.

Saat terempas ke laut, para migran itu berusaha keras menyelamatkan dirinya masing-masing. Mereka berusaha tetap mengapung meski ombak saat itu terus menggoyang mereka.

"Kami kehilangan anak-anak kami. Mereka tidak terlihat saat keadaan gelap gulita," kata Haseen.

Di antara para korban selamat adalah seorang ibu bersama bayinya. Ia bertahan sekitar dua jam di laut untuk bertahan hidup.

Penjaga pantai Yunani menyebut telah menyelamatkan sekitar 22 orang dari perahu yang karam itu di perairan Lesbos. Terkait jumlah penumpang, penjaga pantai Yunani menyebut jumlahnya mencapai 48 orang.

Kementerian Kelautan Yunani menyebut proses pencarian para korban telah dilaksanakan. Ketika itu, ditemukan beberapa jasad perempuan dan seorang anak perempuan, belum jelas apakah mereka korban dari perahu yang tenggelam atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com