Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hebat Landa California

Kompas.com - 03/08/2015, 11:21 WIB
CLEARLAKE, KOMPAS.com - Ribuan petugas pemadam kebakaran, Minggu (2/8/2015), berjuang memadamkan api yang mengamuk di hutan yang kekeringan di California, AS.  Para petugas harus mengevakuasi warga dari daerah terdampak dan menutup puluhan mil jalan raya di jalur yang dilalap api. Sejauh ini, setidaknya satu orang tewas akibat kebakaran tersebut.

Orang-orang dari sekitar 6.000 rumah dievakuasi saat 21 kebakaran besar berkobar di negara bagian yang terletak wilayah barat AS itu.

Menurut data yang dibeberkan pemerintah, sejauh ini 49.000 hektar lahan sudah terbakar.

Kantor Gubernur Jerry Brown mengatakan, sekitar 9.600 orang sedang memerangi kebakaran itu pada Minggu pagi.

Sambaran petir pada musim kemarau memicu sebagian besar kebakaran itu, sementara penyebab lain tetap tidak diketahui. Namun pihak berwenang mengatakan, mereka tidak menduga ada kebakaran yang disengaja.

Ribuan petir yang terjadi sejak Kamis lalu menyebabkan ratusan kebakaran kecil di seluruh negara bagian itu, tetapi sebagian besar kebakaran terkonsentrasi di wilayah utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com