Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Asyik "Selfie", Perempuan AS Diseruduk Bison

Kompas.com - 23/07/2015, 15:56 WIB
CHAYENNE, KOMPAS.com - Aksi selfie ternyata bisa membahayakan, terutama di kawasan yang banyak terdapat hewan liar seperti di Taman Nasional Yellowston, Wyoming, AS.

Pengelola taman nasional sudah berulang kali memperingatkan para turis agar menjaga jarak mereka dari para bison yang banyak menghuni kawasan tersebut. Namun tak semua orang menaati peringatan tersebut.

Seorang perempuan berusia 43 tahun diseruduk seekor bison hingga terpelanting ke udara saat tengah ber-selfie dengan latar belakang hewan asli Amerika itu.

Staf taman nasional mengatakan, perempuan asal Mississippi itu membelakangi para bison untuk mengambil selfie di dekat air terjun Fairy tak jauh dari lokasi geyser Old Faithful.

Seseorang yang melihat perempuan itu bersama putrinya hanya berjarak sekitar 5,5 meter dari kawanan bison sempat memperingatkan perempuan itu.

Namun, sayang peringatan itu terlambat karena seekor bison sudah berlari ke arah perempuan tersebut. Dia sempat berusaha melarikan diri namun sang bison berhasil mendekati perempuan itu, menyeruduknya dan melemparkannya ke udara.

Setelah situasi tenang, perempuan itu langsung dilarikan ke sebuah klinik terdekat. Beruntung, dia hanya mengalami luka ringan.

"Perempuan itu mengatakan dia sadar telah berbuat salah namun dia melihat orang lain juga melakukan hal yang sama. Terkadang pengunjung tak sadar mereka berdiri terlalu dekat dengan bison," kata juru bicara Taman Nasional Yellowstone, Amy Bartlett.

Kejadian ini bukan kali pertama. Awal tahun ini seekor bison menyeruduk seorang perempuan berusia 68 tahun dan remaja 16 tahun serta seorang turis asal Australia.

"Tahun ini sudah terjadi lima insiden yang melibatkan turis dan bison. Hal ini sangat tak lazim karena biasanya dalam satu tahun hanya terjadi satu atau dua kasus saja," tambah Amy.

Salah satu penyebab bertambahnya insiden antara turis dan bison, lanjut Amy, adalah semakin banyaknya pengunjung ke taman nasional itu.

Hingga Juni lalu taman nasional ini sudah dikunjungi sekitar 780.000 turis. Jumlah ini naik 17 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Juni hingga Agustus adalah bulan-bulan tersibuk di taman nasional ini.

Menurut aturan yang ditetapkan di Yellowstone, pengunjung dilarang berdiri atau berada dalam jarak 25 meter dari bison dan 91 meter dari beruang atau serigala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com