Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geram, Seniman India Taruh "Buaya" di Lubang Jalanan

Kompas.com - 25/06/2015, 04:30 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com - Jalanan berlubang memang menjengkelkan, apalagi jika pemerintah seakan tak peduli dengan lubang jalan yang kian membesar.

Masalah jalan berlubang ini juga terjadi di kota Bangalore, India. Bahkan lubang jalan yang sangat besar itu terdapat di persimpangan Sultanpaya yang sangat sibuk.

Masyarakat kota itu jengkel namun tak bisa berbuat apa-apa karena pemerintah seolah tak mendengar keluhan warga.

Akhirnya seorang seniman lokal memiliki ide "gila" untuk menarik perhatian pemerintah setempat dengan tujuan agar pemerintah menambal jalan berlubang itu.

Baadal Nanjundaswamy , nama artis itu, memunculkan ide untuk menaruh seekor buaya besar di dalam lubang jalan tersebut. Tentu bukan buaya sungguhan, sang artis membuat patung buaya sepanjang 4 meter yang sangat mirip buaya asli.

Baadal bahkan rela merogoh koceknya untuk membuat sang buaya. Setelah selesai pada Kamis pekan lalu Baadal lalu meletakkan sang buaya di lubang jalan tersebut.

Aksi Baadal menaruh patung buaya di jalanan itu tentunya menarik perhatian warga. Dan yang terpenting menarik perhatian pemerintah dan hasilnya sehari setelah aksi buaya itu, pemerintah kota Bengalore menambal lubang jalanan tersebut.

"Setiap orang memiliki cara untuk mengekspresikan pendapatnya. Dan inilah cara saya menyampaikan rasa prihatin," ujar Baadal.

Ternyata bukan kali ini saja Baadal beraksi untuk menarik perhatian pemerintah setempat. Tahun lalu dia melukis lubang jalan seperti mulut Dewa Yama yang oleh penganut Hindu diyakini sebagai Dewa Kematian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com