Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendaraan Palestina Diizinkan Masuk ke Israel

Kompas.com - 15/04/2015, 08:19 WIB
KOMPAS.com - Sejumlah kendaraan dengan nomor polisi Palestina akan diberikan izin  memasuki Israel untuk pertama kalinya dalam 15 tahun terakhir.

Para pejabat memberikan izin kepada 100 dokter Palestina untuk menggunakan mobil mereka guna bekerja di sejumlah rumah sakit Israel.

Koordinator Kegiatan Pemerintah di Berbagai Wilayah, Mayor Jenderal Yoav Mordechai, memberikan izin masuk kepada para dokter yang bekerja berdasarkan jadwal yang berganti-ganti dan perlu menangani keadaan darurat.

Israel menerapkan pembatasan terhadap kendaraan Palestina setelah terjadinya perlawanan intifada kedua 15 tahun yang lalu.

Kebijakan baru Israel ini mulai diterapkan hari Selasa (14/4/2015) dan akan diperluas jika dipandang berhasil.

Sebelumnya pada Februari 2015, sebuah pengadilan Amerika Serikat di New York menyatakan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Otorita Palestina bertanggung jawab atas sejumlah serangan di Israel lebih 10 tahun lalu.

Enam serangan di dan sekitar Jerusalem menewaskan 33 orang dan melukai ratusan lainnya saat intifada kedua Palestina antara tahun 2002 dan 2004.

Juri memerintahkan ganti rugi lebih 218 juta dollar kepada para korban serangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com