Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Anggrek Putih "Temani" Lee Kuan Yew di Peristirahatannya

Kompas.com - 24/03/2015, 00:26 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Bapak Bangsa Singapura Lee Kuan Yew yang wafat di usia 91 pada Senin (23/3/2015) pukul 03.18 waktu setempat. Saat ini, jenazah Lee telah disemayamkan di Sri Temasek, di Kompleks Istana Pemerintahan Singapura.

Lee disemayamkan di sebuah ruangan yang terletak di lantai dasar. Sri Temasek merupakan kediaman resmi Perdana Menteri Singapura. Walaupun selama lebih dari tiga dekade memimpin Singapura, Lee, semasa hidup, memilih tinggal di kediaman pribadinya.

Jenazah Lee sendiri terbaring di dalam peti yang cukup "unik" berwarna putih yang dihiasi oleh anggrek dendrobium berwarna putih. Berdasarkan jadwal, Lee senior akan disemayamkan selama dua hari di Sri Temasek. Publik dapat melayat sahabat dekat Mantan Presiden Soeharto ini di gedung Parlemen Singapura mulai Rabu (25/03) hingga Jumat (29/03).

Sri Temasek sendiri ramai dikunjungi jajaran keluarga dan personil pemerintahan Singapura mulai dari Presiden Tony Tan, para menteri anggota kabinet, dan anggota Parlemen. Terlihat juga orang terkaya Asia asal Hong Kong Li Ka Shing bersama putranya.

Sultan Brunei Hassanal Bolkiah terlihat sebagai kepala negara pertama yang melayat Lee. Menurut jadwal, Presiden Joko Widodo sendiri direncanakan datang menghadiri pemakaman hari Minggu (29/03).

Kesedihan terlihat jelas memenuhi ruangan di mana banyak yang mengenakan busana putih , celana hitam, dan pita hitam di lengan kiri sebagai tanda berdukacita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com