Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lee Kuan Yew Kritis, PM Singapura Ganti Foto Profil Facebook

Kompas.com - 18/03/2015, 20:40 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong secara mendadak mengganti tampilan foto profil di akun Facebook-nya, Rabu (18/3/2015) sore. Awalnya foto itu menampilkan wajahnya yang dihuasi senyum lebar menjadi wajah yang terlihat lebih serius dan sedih.

Pergantian foto ini dilakukan beberapa jam setelah kantor perdana menteri merilis kabar kesehatan Lee Kuan Yew, yang juga ayah PM Lee Hsien Loong,  semakin memburuk. Rakyat Singapura langsung memberikan komentar dan memberikan semangat kepada pemimpin negaranya itu.

Dalam komentar di akun Facebook Lee Hsien Loong, warga negeri itu menegaskan mereka tetap bersatu sebagai bangsa sembari mendoakan kesembuhan Lee Kuan Yew. "Satu bangsa, satu negara, satu Singapura, kita mungkin semua memiliki perbedaan, tetapi mari kali ini kita berdiri bersama menghadapi momen yang sulit dan emosional ini sebagai bangsa yang kuat," tulis seorang warga bernama Dennis Wu.

Sementara itu, kerumunan warga dan wartawan mulai terlihat berkumpul di Singapore General Hospital, tempat Lee Kuan Yew dirawat sejak 5 Februari lalu akibat pneumonia yang dideritanya.
Salah seorang cucu Lee juga terlihat tiba dan meninggalkan rumah sakit.

"Akan menjadi momen yang sangat sedih ketika beliau pergi meninggalkan kita, terlepas dari segala kekurangannya, Lee telah berbuat banyak untuk Singapura,"  kata Imad Alatas, seorang warga Negeri Singa.

Lee Kuan Yew memimpin Singapura sebagai perdana menteri selama 31 tahun sejak negeri itu memisahkan diri dari Malaysia pada 1965 hingga lengser pada 1990. Di bawah kepemimpinannya Singapura menjelma menjadi salah satu negara terkaya di dunia.

Sahabat dekat mantan presiden Indonesia Suharto ini mempertahankan pengaruh di balik layar dengan menjabat sebagai menteri senior dan menteri mentor hingga mundur dari kabinet seusai pemilu 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com