Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diam-diam Warga Belajar Bahasa Isyarat untuk Kejutkan Pria Tunarungu

Kompas.com - 11/03/2015, 13:33 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Muharrem, seorang tuna rungu asal kota Istanbul, Turki, hari itu tengah berjalan di lingkungan tempat tinggalnya bersama saudarinya, Ozlem.

Bagi Muharrem hari itu adalah sebuah hari biasa tak berbeda dengan hari-hari lainnya. Namun, saat berpapasan dengan para tetangga dan kenalan mereka semua menyapa Muharrem menggunakan bahaya isyarat yang biasa digunakan para penyandang tunarungu.

Tak hanya satu atau dua orang yang menyapa Muharrem dengan bahasa isyarat, namun sebagian besar warga yang bertemu pria itu menyempatkan diri berhenti dan menyapa menggunakan bahasa isyarat.

Satu kesempatan seorang perempuan tak sengaja menabrak Muharrem. Perempuan itu lalu berhenti dan meminta maaf kepada Muharrem menggunakan bahasa isyarat. Lalu pemilik toko setempat juga menyapa dan melayani Muharrem dengan bahasa isyarat. Bahkan pengemudi taksi juga menggunakan bahasa isyarat kepada Muharrem.

Situasi itu tentu membuat heran Muharrem, sebab kemampuan menggunakan bahasa isyarat bukan hal yang biasa dimiliki masyarakat pada umumnya. Mau tak mau, Muharrem tak bisa menahan rasa harunya karena semua kenalan dan tetangganya mencoba berkomunikasi dengannya menggunakan bahasa isyarat.

Ternyata tanpa sepengetahuan Muharrem situasi itu sudah direkam menggunakan kamera rahasia dan kemudian diunggah ke situs berbagai video YouTube.

Video ini dirancang oleh Samsung bekerja sama dengan warga setempat termasuk saudari Muharrem, Ozlem dan membutuhkan waktu satu bulan untuk persiapan, termasuk memasang kamera tersembunyi dan melatih warga menggunakan bahasa isyarat. Videonya bisa Anda saksikan di sini:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com