Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawati Iran Dibebaskan, Suaminya yang Warga Amerika-Iran Tetap Dibui

Kompas.com - 07/10/2014, 14:20 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com — Wartawati Iran, Yeganeh Salehi, yang ditahan di Iran sejak Juli lalu, telah dibebaskan, demikian laporan kantor berita resmi Iran, IRNA, dan harian AS, The Washington Post.

Salehi ditahan bersama suaminya, Kepala Biro Teheran untuk Washington Post Jason Rezaian. Suaminya masih di berada balik bui, kata Washington Post, Minggu (5/10/2014), setelah berbicara dengan seorang anggota keluarga mereka. Masih menurut Washington Post, Salehi dibebaskan dengan jaminan, pada pekan lalu.

Tidak jelas mengapa Salehi dan Rezaian ditangkap dan ditahan.

Gholam-Hossein Esmaili, Direktur Jenderal Departemen Kehakiman Provinsi Tehran, mengatakan, sebagaimana dikutip IRNA, bahwa seorang "jurnalis Washington Post telah ditahan untuk ditanyai dengan sejumlah pertanyaan, dan, setelah penyelidikan teknis, peradilan akan memberikan rincian tentang masalah tersebut".

Esmaili tidak menyebutkan alasan penahanan koresponden itu, yang tidak dia sebutkan namanya. Seperti dilaporkan IRNA, dia menambahkan, pasukan keamanan Iran senantiasa waspada terhadap segala macam kegiatan musuh.

Pada musim panas ini, sebelum pasangan itu ditangkap, wartawan CNN, Anthony Bourdain, bertemu mereka saat dalam sebuah shooting untuk episode "Parts Unknown".

"Mereka sangat berpikiran positif tentang negara mereka. Saya rasa, tidak ada hal yang bisa membuat orang di pemerintahan lantas menemukan kesalahan," kata Bourdain pada acara Anderson Cooper 360. "Jadi, itu melampaui pengetahuan saya soal apa yang mereka mungkin telah lakukan sehingga hal ini menimpa mereka. Sejauh yang saya ketahui, mereka merupakan duta yang hebat untuk sebuah negara yang tidak begitu diketahui."

Sejumlah aktivis hak asasi manusia dan wartawan lainnya telah menuntut pembebasan pasangan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com