Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di India, Kera Hanoman Dapat KTP Biometrik

Kompas.com - 12/09/2014, 22:43 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pihak berwenang India sedang menyelidiki kenapa Hanoman -tokoh kera putih suci dalam kisah Ramayana - bisa mendapat kartu pengenal biometrik. Kartu tersebut dilengkapi dengan foto Hanoman yang mengenakan perhiasan emas, mutiara, dan mahkota.

Seorang tukang pos menemukan kasus ini ketika ingin menyampaikan kartu identitas itu namun tidak menemukan Hanoman di alamat yang dimaksud.

Ketika dia melihat lebih saksama, barulah disadarinya bahwa kartu pengenal itu hanya lelucon saja namun tidak diketahui pindaian mata dan sidik jari siapa yang ditaruh di kartu tersebut.

Kartu itu menyebut Hanuman sebagai putra Pawan-ji karena dalam mitologi Hindu, dia dikenal sebagai putranya Pawan, juga ada nomor telepon genggamnya dan sebuah alamat di negara bagian Rajashtan. Banyak kuil yang didedikasikan untuk kera putih bertubuh manusia ini di berbagai pelosok India.

Kartu itu sudah dikembalikan ke kantor Identifikasi India, UIDAI. Kantor lokal dan operator yang mengeluarkan kartu sudah diketahui dan sudah mendapat sanksi.

"Ini jelas kesalahan yang disengaja oleh operator. Dia akan diberhentikan dari pekerjaan dan kantornya akan mendapat sanksi," tutur Wakil Dirjen UDAI, Ashok Dalwai.

India meluncurkan kampanye kartu identitas pada tahun 2010 untuk menghindari penipuan, juga sebagai akses dalam mendapatkan tunjangan sosial dari negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com