Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Simpanan Penumpang MH370 di Bank Hilang secara Misterius

Kompas.com - 14/08/2014, 21:51 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Pesawat milik Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak Maret lalu hingga kini belum ditemukan. Namun, tekah terjadi penarikan uang secara misterius dari rekening bank empat penumpang pesawat itu pada Juli lalu.

Jika digabung, rekening keempat penumpang itu berjumlah 111.000 ringgit atau sekitar Rp 390 juta. Sejak bulan Juli lalu, secara misterius, terjadi penarikan uang dari rekening keempat orang penumpang MH370 ini.

Kepala Departemen Investigasi Kriminal (CID) Kepolisian Malaysia, Izany Abdul Ghany, membenarkan bahwa telah terjadi penarikan uang dari empat rekening bank milik penumpang MH370.

Bank tempat keempat penumpang itu membuka rekening menemukan penarikan misterius pada 18 Juli lalu. Pihak bank kemudian memasukkan pengaduan resmi kepada polisi pada 2 Agustus setelah melakukan penyelidikan internal. "Kami sedang melakukan investigasi kasus penarikan uang misterius ini," kata Abdul Ghany.

Kejahatan semacam ini dalam undang-undang Malaysia, yang tercakup dalam Undang-Undang Kejahatan Komputer 1997, mengancam pelaku dengan hukuman denda hingga Rp 585 juta atau hukuman penjara maksimal 10 tahun.

Abdul Ghany menambahkan, pihaknya tidak menutup kemungkinan penarikan uang ini dilakukan salah seorang pegawai bank sehingga polisi akan menyelidiki berbagai kemungkinan.

"Kami sudah mendapatkan rekaman CCTV dari bank untuk mencari tersangka. Siapa saja yang memiliki informasi terkait kasus ini sebaiknya melapor ke kantor polisi terdekat," tambah Abdul Ghany.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com