Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Uang Sambil "Ngebut" di Jalan Tol, Sopir Bus Skotlandia Dipecat

Kompas.com - 26/06/2014, 19:28 WIB
GLASGOW, KOMPAS.com — Di Indonesia, melihat pengemudi angkutan atau bus kota menghitung lembaran uang sambil mengemudikan mobil adalah pemandangan biasa.

Bisa dipastikan tak ada penumpang yang memprotes kegiatan sang sopir meski sebenarnya sangat membahayakan dirinya dan para penumpang.

Nah, kejadian serupa terjadi di dalam sebuah bus yang melayani rute Edinburgh-Glasgow di Skotlandia. Saat bus milik perusahaan Citylink itu melaju dengan kecepatan 128 kilometer per jam di jalan tol, sang pengemudi malah asyik menghitung uang.

Seorang penumpang kemudian merekam aksi berbahaya pengemudi bus yang bernama Thomas Smith itu. Penumpang tersebut lalu membawa rekaman tersebut ke media ketika Citylink tak menanggapi keluhannya.

Awalnya Citylink menolak mengambil tindakan terhadap Thomas Smith dengan alasan penumpang itu merekam Smith tanpa izin yang bersangkutan.

Namun, akhirnya perusahaan itu menghukum Smith setelah kisah ini dipublikasikan media.

Pejabat pengawas masalah lalu lintas Skotlandia, Joan Aitken, Rabu (25/6/2014), mengatakan, kini pihaknya sudah menghukum Smith dengan larangan mengemudikan bus atau truk.

"Kami sangat berterima kasih dengan inisiatif warga sehingga masalah seperti ini muncul ke permukaan sebelum ditanggapi kantor kami setelah muncul di media massa," ujar Aitken.

Sementara pihak Citylink memastikan Thomas Smith tidak akan bekerja lagi di perusahaan transportasi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com