Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Mafia Meksiko Ditangkap Saat Tonton Bola

Kompas.com - 25/06/2014, 10:57 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.COM — Tentara Meksiko mengatakan, mereka berhasil menangkap pemimpin kelompok mafia Tijuana yang pada suatu waktu amat berpengaruh, Luis Fernando Sanchez Arellano.

Dia ditangkap pada Senin (23/6/2014) waktu setempat di sebuah rumah ketika sedang menyaksikan pertandingan Piala Dunia antara Meksiko melawan Kamerun.

Pada masa 1990-an, kelompok ini menguasai sebagian besar peredaran obat bius dari kawasan Tijuana, Meksiko utara, ke Amerika Serikat. Namun, dalam beberapa tahun belakangan, kartel penyelundup obat bius ini semakin melemah karena pemimpinnya ditangkapi atau dibunuh.

Sanchez merupakan keponakan dari Arellano Felix yang mendirikan kartel Tijuana. Pria yang diduga berusia 30-an tahun ini dikenal dengan panggilan "insinyur" dan menjadi pimpinan kartel setelah mencapai kesepakan berdamai dengan bos mafia lainnya, Joaquin Guzman, yang sudah lebih dulu ditangkap pada Februari.

Pemerintah Meksiko, yang melancarkan perang melawan kelompok pengedar obat bius, sudah memberi tawaran hadiah 2,3 juta dollar AS untuk informasi yang bisa mengarah pada penangkapannya.

Bulan Maret, aparat keamanan Meksiko menembak mati Nazario Morena—yang dikenal sebagai El Mas Loco atau Yang Paling Gila—yang merupakan pemimpin kelompok mafia Knights Templar atau Kesatria Kuil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com