Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemenang Lotre Sumbangkan Hadiahnya untuk Amal

Kompas.com - 30/05/2014, 17:25 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Kejadian langka terjadi di Paris, Perancis, ketika seorang pemenang lotre nasional menghibahkan sebagian besar hadiahnya untuk amal.

Seorang pria yang meraih hadiah uang 72 juta euro atau sekitar Rp 1,1 triliun dalam lotre euro millions memutuskan untuk menyumbangkan 50 juta euro atau Rp 795 miliar untuk keperluan amal.

Seperti dilaporkan tabloid Le Parisien, pria yang berasal dari kawasan Haute-Garrone, wilayah sebelah barat daya Perancis, itu mengatakan, dia akan menyumbangkan uangnya untuk 10 organisasi masyarakat yang bekerja untuk orang-orang tak punya.

Francaise des Jeux (FDJ), organisasi yang mengelola lotre internasional ini, menyatakan, sang pemenang meminta agar namanya dirahasiakan. Namun, media Perancis menyebut dia adalah seorang pria berusia 50-an, lajang, dan tak memiliki anak.

"Dia memiliki rasa solidaritas sosial yang besar dan dia sangat murah hati," kata juru bicara FDJ.

Para pengguna Twitter di Perancis memuji pria beruntung ini dan menyebut kemurahan hatinya sebagai sebuah "perbuatan berkelas".

Sosiolog Denis Muzet mengatakan, aksi kedermawanan seperti yang ditunjukkan pemenang lotre itu datang pada waktu yang sangat tepat.

"Dia seolah mengirimkan pesan kepada kita: kesuksesan dalam hidup bukan seberapa banyak uang yang kita hasilkan, melainkan tentang apa yang kita lakukan untuk orang lain," kata Muzet kepada Le Parisien.

"Dalam masyarakat yang dirundung krisis dan mencari referensi moral terbaik, dan dalam masyarakat di mana uang adalah segalanya, apa yang dilakukan pria ini sangat masuk akal," tambah Muzet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com