Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boko Haram Serang Tiga Desa, 35 Tewas

Kompas.com - 29/05/2014, 22:16 WIB
ABUJA, KOMPAS.com - Kelompok militan Boko Haram kembali beraksi dan kali ini sebanyak 35 orang tewas setelah anggota kelompok itu menyerang tiga desa di negara bagian Borno tak jauh dari perbatasan dengan Kamerun. Demikian pernyataan polisi dan warga setempat, Kamis (29/5/2014).

Puluhan anggota Boko Haram yang mengenakan pakaian militer Nigeria menyerbu desa Gumushi, Amuda dan Arbokko menggunakan truk dan sepeda motor. Di ketiga desa itu, tanpa ampun mereka menembaki warga dan membakar kediaman warga menggunakan bom molotov.

"Boko Haram melakukan serangan di tiga desa pada Rabu (28/5/2014), menewaskan 35 orang. Sebanyak 26 orang tewas di desa Gumushi," demikian penjelasan seorang perwira militer Nigeria di ibu kota Borno, Maiduguri.

"Mereka juga melemparkan bom molotov ke rumah-rumah, membakar rumah-rumah itu dan menembaki warga yang mencoba kabur," tambah perwira itu.

Sejumlah saki mata mengatakan para penyerang juga menyerang desa Amuda dan Arbokko yang bertetangga dengan desa Gumushi, menewaskan sembilan orang. Ketiga desa itu berjarak sekitar 125 kilometer dari Maiduguri.

"Penyerang datang pada pukul 02.00 dini hari saat warga tidur lelap. Mereka kemudian melemparkan bom molotov yang langsung membakar rumah penduduk," kata Pirda Takweshe, seorang warga kepada AFP.

"Mereka kemudian menembaki warga yang keluar dari rumahnya yang terbakar. Sembilan orang tewas dan 13 lainnya luka," tambah Pirda.

Boko Haram mengobarkan pemberontakan melawan pemerintah Nigeria sejak 2009 dan sejak saat itu ribuan orang tewas akibat berbagai aksi kekerasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com