Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kubu Oposisi Thailand Diserang, 2 Tewas

Kompas.com - 15/05/2014, 11:21 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com -- Dua orang tewas dalam serangan terhadap demonstran antipemerintah di ibu kota Thailand, Bangkok, Kamis (15/5/2014). Sebanyak 22 orang lainnya terluka dalam penembakan dan ledakan di dekat Monumen Demokrasi kota itu.

Para demonstran menginap di sekitar kantor pemerintah untuk menekan senat Thailand agar mengganti pemerintahan sementara dan menunjuk perdana menteri yang baru.

Sedikitnya 27 orang meninggal dunia dalam kerusuhan politik yang membelit negara itu sejak November tahun lalu.

Pekan lalu, Mahkamah Konstitusi memerintahkan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra untuk mengundurkan diri karena menyalahgunakan kekuasaan.

Sembilan menteri kabinet juga diganti. Kubu oposisi mengatakan turunnya Yingluck tidak cukup karena ia hanya diganti oleh pelaksana tugas dari partai berkuasa, Niwattumrong Boonsongpaisan.

Krisis politik Thailand dimulai pada 2006 ketika kakak Yingluck, mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, dijatuhkan oleh kudeta militer atas tuduhan korupsi, penyalahgunaan kekuasaan, dan tidak menghormati Raja Bhumibol Adulyadej.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com