Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2014, 15:15 WIB
SYDNEY, KOMPAS.COM - Pangeran William dari Inggris dan istrinya Kate tiba di Sydney, Rabu (16/42014), bersama anak mereka Pangeran George untuk kunjungan selama 10 hari di Australia.

Pesawat AU Australia yang membawa keluarga kerajaan Inggris itu mendarat di Bandara Sydney, dimana Gubernur Jenderal Sir Peter Cosgrove, Perdana Menteri Tony Abbott dan sejumlah pejabat tinggi lainnya telah hadir.

Keluarga kerajaan itu disambut di landasan kemudian dibawa ke Sydney Opera House untuk penyambutan resmi dan beramah-tamah.

Menteri Utama New South Wales Barry O'Farrell tidak ikut menyambut setelah sebelumnya ia mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya.

Pangeran William, istrinya Kate dan bayi mereka George akan berada di ibukota negara bagian New South Wales itu selama tiga hari dan akan mengunjungi tempat wisata The Three Sisters, menghadiri The Royal Easter Show dan meninjau kegiatan tim lifesaver di Manly Beach.

Pasangan itu juga akan mengunjungi Blue Mountains, bertemu dengan para korban kebakaran hutan di daerah itu Oktober tahun lalu.

Mereka baru saja menyelesaikan lawatan 10 hari di Selandia Baru, dan dilepas dengan hangat di Wellington.

Di Sydney, Pangeran George diperkirakan akan mengunjungi kandang bilby (sejenis kelinci) di Kebun Binatang Taronga Park, dimana salah-satu binatang itu akan diberi nama dari nama pangeran cilik itu.

Pasangan kerajaan Inggris itu akan pergi ke Queensland pada hari Sabtu, mengunjungi Pangkalan AU Australia Amberley di barat Brisbane, dan menghadiri resepsi serta bertemu para fans di ibukota negara bagian itu.

Mereka kemudian akan kembali ke Sydney dimana mereka akan merayakan Paskah pada hari Minggu dan menghadiri kebaktian di Katedral St Andrew.

Pada hari Senin keluarga itu akan pergi ke Canberra sebelum terbang ke Uluru dan bertemu dengan sejumlah pelajar dan seniman Aborigin di Yulara.

Mereka kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Adelaide dan mengunjungi komunitas Elizabeth, kawasan pemukiman yang dibentuk dan diberi nama dengan nama nenek Pangeran William, Ratu Elizabeth.

Lawatan akan berakhir di Canberra, dimana pasangan kerajaan Inggris itu akan menghadiri pawai Anzac Day dan upacara di Australian War Memorial sebelum pulang ke Inggris.

Ini adalah kunjungan pertama Duchess of Cambridge ke Australia. Ia pernah singgah sebentar di bandara Brisbane di tahun 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com