Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Pastikan Tewasnya Pemimpin Militan Kaukasus Utara

Kompas.com - 08/04/2014, 19:36 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Dinas intelijen federal Rusia (FSB), Selasa (8/4/2014), memastikan telah membunuh pemimpin pemberontak Kaukasus Utara, Doku Umarov, dalam sebuah operasi militer.

"Sebagai hasil dari sebuah operasi militer, aktivitas pemimpin organisasi teroris Emirat Kaukasus, Umarov, berhasil dinetralisir," kata Kepala FSB, Alexander Bortnikov dalam pertemuan Komite Nasional Anti-Terorisme Rusia (NAK).

Pernyataan Bortnikov ini disampaikan dalam sebuah video klip, sehari setelah Presiden Vladimir Putin meminta FSB untuk tidak ragu-ragu dalam perang melawan kelompok militan.

Sebelumnya, sebuah situs berita yang mendukung pemberontak Kaukasus Utara mengatakan pada 18 Maret lalu bahwa Doku Umarov tewas namun saat itu pemerintah Rusia belum memberikan konfirmasi.

Kematian Umarov menjadi sebuah terobosan baru bagi Putin dalam perang melawan Emirat Kaukasus, yang juga masuk daftar organisasi teroris Amerika Serikat. Saat ini kelompok itu sudah mengumumkan pemimpin barunya Ali Abu Mukhammad lewat video yang diunggah ke situs YouTube.

Saat Putin pertama kali memimpin Rusia 14 tahun lalu, dia memadamkan pemberontakan separatis Chechnya namun akibatnya pemberontakan kini menyebar ke negeri tetangganya, Dagestan.

Pada 2007, Umarov mempersatukan semua kelompok militan di Kaukasus Utara dan memimpin perjuangan berdarah untuk menciptakan sebuah kekalifahan di wilayah selatan Rusia itu yang berpenduduk mayoritas Muslim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com