Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ceko Minta NATO Kirim Pasukan ke Ukraina bila Rusia Lakukan Aneksasi Lagi

Kompas.com - 07/04/2014, 04:21 WIB

PRAHA, KOMPAS.com — Presiden Ceko, Milos Zeman, meminta NATO mengerahkan pasukan ke Ukraina bila Rusia merebut bagian timur Ukraina.

Menurut Milos, harus ada konsekuensi dikenakan kepada Rusia jika negara Beruang Merah tersebut terus melakukan aneksasi. Sebelumnya, negara itu sudah "merebut" Crimea dari Ukraina, lewat referendum.

"Jika Rusia memutuskan memperluas ekspansi teritorial ke kawasan timur Ukraina, permainan selesai," kata Milos kepada Radio Ceko, Minggu (6/4/2014).

Dalam hal ini, ujar Milos, dia mendorong konsekuensi untuk Rusia tak hanya berupa sanksi seberat-beratnya. "Tapi juga pengiriman pasukan NATO ke wilayah Ukraina," ujar dia.

Setelah jatuhnya Presiden Viktor Yanukovych pada Februari 2014, Pemerintah Kiev condong kepada Uni Eropa. Namun, pada Maret 2014, warga Crimea yang sebagian besar berbicara memakai bahasa Rusia dalam kesehariannya melakukan referendum dan hasilnya mereka bergabung ke Rusia.

Beberapa wilayah lain di bagian timur Ukraina, dengan karakteristik bahasa yang sama dengan Crimea, berupaya pula menuntut referendum sebagaimana Crimea. Tuntutan referendum itu diminta digelar bersamaan dengan agenda pemilu presiden yang dijadwalkan Kiev berlangsung pada 25 Mei 2014.

Washington mengatakan, baru-baru ini Moskwa telah menyiagakan sekitar 40.000 tentara di dekat perbatasan timur Ukraina. Rusia membantah menempatkan pasukan di luar Crimea, tetapi hanya beberapa ratus tentara Rusia yang benar-benar sudah meninggalkan kawasan perbatasan dengan Ukraina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com