Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Kirim Lima Kapal Lagi Cari Pesawat Malaysia Airlines

Kompas.com - 27/03/2014, 18:23 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — China menambah lima kapal lagi untuk membantu Pemerintah Malaysia mencari pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang saat melayani destinasi Kuala Lumpur-Beijing dalam penerbangan pada Sabtu (8/3/2014). Menurut warta Xinhua pada Kamis (27/3/2014), mengutip Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei, lima kapal itu sudah berada di perairan pencarian di Samudra Hindia bagian selatan.

Sebelum kelima kapal itu, tercatat sudah ada tujuh kapal China yang membantu operasi pencarian. "Kami membutuhkan sinergi untuk pencarian itu," kata Hong Lei.

Hong Lei mengatakan, lima kapal itu adalah 1 kapal riset bernama Xuelong, 1 kapal dagang Zhonghaishaohua milik China Shipping Group, dan 3 kapal Angkatan Laut (AL) China, yakni Qiandaohu, Kunlunshan, dan Haikou.

Selain itu, tiga kapal milik Kementerian Transportasi China ikut ambil bagian dalam pencarian itu. Kapal-kapal tersebut adalah Haixun 01, Nanhaijiu 115, dan Donghaijiu 101. Adapun empat kapal lain mencari di Samudra Hindia bagian timur, yakni Haixun 31, Nanhaijiu 101, Jinggangshan, dan Yongxingdao.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com